Islam dari Pulau ke Pulau [Islam Kalimantan]

Masjid Kyai Gede, saksi sejarah Islam di Kalimantan Timur

Masjid Kyai Gede, saksi sejarah Islam di Kalimantan Timur

Perjalanan dakwah Islam di Nusantara tak terbatas hanya di Sumatera atau Jawa saja. Hampir seluruh sudut kepulauan Indonesia telah tersentuh oleh indahnya konsep rahmatan lil alamin yang dibawa oleh Islam.

Para ulama awal yang berdakwah di Sumatera dan Jawa melahirkan kader – kader dakwah yang terus – menerus mengalir. Islam masuk ke Kalimantan atau yang lebih dikenal dengan Borneo kala itu. di pulau ini, ajaran Islam masuk dari dua pintu.

Jalur pertama yang membawa Islam masuk ke tanah Borneo adalah jalur Malaka yang dikenal sebagai Kerajaan Islam setelah Perlak dan Pasai. Jatuhnya Malaka ke tangan penjajah Portugis kian membuat dakwah semakin menyebar. Para mubaligh – mubaligh dan komunitas Islam kebanyakan mendiami pesisir barat Kalimantan

Jalur lain yang digunakan menyebarkan dakwah Islam adalah para mubaligh yang dikirim dari tanah Jawa. Ekspedisi dakwah ke Kalimantan ini menemui puncaknya saat Kerajaan Demak berdiri. Demak mengirimkan banyak mubaligh ke negeri ini. Perjalanan dakwah pula yang akhirnya melahirkan Kerajaan Islam Banjar dengan ulama – ulamanya yang besar, salah satunya adalah Syekh Muhammad Arsyad al Banjari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s