Indonesia Punya 1 Provinsi dan 4 Kabupaten Baru

Gamawan Fauzi (kiri), Marzuki Alie, Agun Gunanjar dan Amir Syamsuddin usai rapat paripurna memutuskan RUU tentang Pembentukan Daerah Otonomi Baru

Republik Indonesia kini memiliki lima daerah baru yakni satu provinsi dan empat kabupaten. Kelima daerah baru tersebut diatur dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Tentang pembentukan daerah otonom baru yang telah disahkan DPR dan pemerintah untuk menjadi Undang-undang.

Dalam UU yang baru disahkan ini ada lima daerah otonom baru yakni Provinsi Kalimantan Utara, Kabupaten Pangandaran di Jawa Barat, Kabupaten Pesisir Barat di Lampung, Kabupaten Manokwari Selatan di Papua Barat, dan Kabupaten Pengunungan Arfak di Papua Barat.

“Dengan demikian, jumlah daerah otonom di Indonesia saat ini menjadi 529 daerah otonom yang terdiri dari 34 propinsi dan 402 kabupaten,” kata Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Amir Syamsudin dalam pidatonya di depan anggota DPR RI dalam Sidang Paripurna DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (25/10).

Di sisi lain, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan pembahasan pemekaran daerah ini sudah empat tahun ditunda. Kini, Pemerintah dan DPR merasa daerah-daerah tersebut sudah bisa dilepas. “Kalau gitu kita coba selektif. Dari 19 (daerah yang minta pemekaran) itu kita dapat menerima lima (daerah untuk dimekarkan),” kata Gamawan saat ditemui usai rapat Paripurna DPR RI, di gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (25/10).

Pemerintah dan DPR, kata Gamawan, membuat tim gabungan untuk melihat kondisi di lapangan. Pemerintah dan DPR melakukan pembahasan kajian selama tiga minggu, yaitu kajian administrasi dan kajian keuangan.

Menurut Gamawan, dengan adanya daerah-daerah pemekaran baru itu diharapkan dapat menunjang kerja-kerja birokrasi di daerah-daerah yang dimekarkan tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah. “Kalimantan Utara, misalnya, punya gas, minyak dan tambang,” ujarnya.

Sumber : Liputan 6

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s