Hantu – hantu di Parijs Van Java

Patung HC Verbraak – Taman Maluku, Bandung

Bandung boleh jadi merupakan kota yang kaya legenda dan cerita hantu. Desas-desus tersebut terpupuk ratusan tahun. Mendengarnya saja membuat penasaran hingga bulu kuduk berdiri.

Titik angker pertama, yaitu SMAN 3 dan SMAN 5 Bandung di Jalan Belitung. Menurut cerita, sekolah favorit yang dulu bernama Hooge Burgere School itu ditunggui makhluk halus bernama Nancy.Wanita Belanda ini dikabarkan bunuh diri di sekolah itu dan kerap menampakkan diri. Orang yang berjalan di depan sekolah ini, jika “beruntung”, bisa melihat penampakan Nancy di jendela bagian atas. Menurut saksi, kadang terdengar suara orang bermain piano musik klasik di ruangan musik,  tetapi tidak ada orangnya.

Kemudian di Taman Maluku, di taman tersebut tersimpan Patung HC Verbraak, pastor Belanda yang bertugas di Aceh pada 1870 dan di beberapa daerah lain. Konon, tepat di bawah monumen itu dibuat pusara dirinya. Ia tewas di tempat menyusul kecelakaan pesawat. Berdasarkan cerita setempat, patung berwarna hitam legam setinggi 4 meter itu bisa bergerak sendiri.

Titik misteri lainnya, yaitu belakang kompleks SMA Aloysius. Ruangan bawah tanah di sekolah itu konon merupakan bekas semacam kamp konsentrasi tentara Belanda yang digunakan tentara Pembela Tanah Air (Peta) untuk menyiksa tentara Belanda. Konon ruangan itu memiliki akses tembus hingga ke Jalan Tamansari, 2 kilometer dari sana.

Selanjutnya cerita hantu ambulans di Jalan Bahureksa Nomor 15. Di rumah inilah terparkir ambulans tua berbalut terpal coklat yang kini terkenal seantero Indonesia dan dijadikan ide film Hantu Ambulance. Sempat muncul kejadian aneh saat shooting film tersebut. Ketika terpal ambulans tua dibuka paranormal Ki Kusumo, seorang kru kerasukan dan bohlam kamera pecah. Desas-desus lain yang muncul, bekas rumah kos ini merupakan tempat prostitusi. Hantu ambulans adalah alibi untuk mengelabui warga.

Di Bandung sendiri sebetulnya masih banyak titik misteri lain yang menjadi urban legend. Titik-titik tersebut antara lain rumah angker di Rancabentang, Bumi Sangkuriang, sumur keramat Sumur Bandung dan Palaguna, serta ruang bawah tanah Museum Asia Afrika. Tempat tersebut merupakan cagar budaya.

Legenda dan cerita hantu itu merupakan aset kekayaan budaya yang tidak terlihat (intangible). Di banyak negara, aset-aset ini menjadi daya tarik lain wisata. Percaya atau tidak, semua berpulang pada rasionalitas masing – masing. Yang pasti, cerita itu akan terus bertahan meski dengan warna sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s