Pembagian Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia [4]

25. Provinsi Gorontalo

Provinsi Gorontalo

Merupakan pemekaran dari Kabupaten Gorontalo dan wilayah selatan Sulawesi Utara yang bergabung serta memisahkan diri menjadi Provinsi Gorontalo. Hal spesifik yang melandasi tuntutan untuk berdiri sendiri karena perbedaan kultur (budaya). Untuk wilayah Gorontalo masyarakatnya muslim. Berbeda di utara Jazira-Minahasa yang umumnya kristiani. Provinsi Gorontalo resmi berdiri pada tanggal 15 Februari 2001. Wilayahnya terbentang antara 0,5 deajat – 1,25 derajat LU dan 121,3 derajat – 122,3 derajat BT. Luas Provinsi Gorontalo adalah 10.804 km persegi. Provinsi Gorontalo beribu kota di Gorontalo.

Lambang Provinsi Gorontalo

Provinsi Gorontalo mempunyai lambang berbentuk perisai segilima. Di dalamnya terdapat beberapa gambar di antaranya bintang, padi dan kapas, rantai, dua pohon kelapa. Bintang sebagai simbol pengakuan terhadap Tuhan yang Maha Esa. Padi dan kapas melambangkan kemakmuran. Pohon kelapa merupakan komoditas utama provinsi Gorontalo. Mata rantai merupakan simbol persatuan dan kesatuan bangsa.

26. Provinsi Sulawesi Tengah

Provinsi Sulawesi Tengah

Berdiri pada tanggal 23 September 1964 dengan dasar hukum UU No. 13 tahun 1964. Provinsi Sulawesi Tengah terletak di Pulau Sulawesi pada posisi 2 derajat LU – 3 derajat LS dan 119 derajat – 142 derajat BT. Luas provinsi Sulawesi Tengah 68.033 km persegi dengan ibu kota Palu.

Lambang Provinsi Sulawesi Tengah

Provinsi Sulawesi Tengah mempunyai lambang perisai yang bentuknya seperti jantung. Di dalamnya terdapat bintang, pohon kelapa, padai dan kapas, serta gelombang. Bintang merupakan lambang keteguhan dalam mencapai cita-cita yang tinggi, selain bermakna Ketuhanan yang Maha Esa. Pohon kelapa merupakan tumbuhan yang menjadi komoditi handal untuk menyejahterakan rakyat Sulawesi Tengah. Padi dan kapas merupakan lambang kemakmuran. Kapas berkuncup 13, bergerigi 4 pada kelopaknya, padi berbiji 19, alur gelombang atas berjumlah 6 dan gelombang bawah berjumlah 4 merupakan simbol hari jadi provinsi Sulawesi Tengah tanggal 13 April 1964.

27. Provinsi Sulawesi Tenggara

Provinsi Sulawesi Tenggara

Berdiri pada tanggal 22 September 1964 dengan dasar hukum UU No. 13 tahun 1964. Provinsi Sulawesi Tenggara terletak di Pulau Sulawesi pada posisi 3 derajat – 6 derajat LS dan 120 derajat – 124 derajat BT. Luas provinsi Sulawesi Tenggara 38.140 km persegi, dengan ibu kota Kendari.

Lambang Provinsi Sulawesi Tenggara

Sulawesi Tenggara mempunyai lambang yang disebut perisai lima. Di dalamnya terdapat lukisan kepala anoa (anuang), mata rantai, serta padi dan kapas. Anoa merupakan jenis satwa khas daerah Sulawesi Tenggara. Mata rantai yang bersambung menjadi satu merupakan simbol persatuan yang kokoh. Sedangkan padi dan kapas merupakan cita-cita yang ingin memakmurkan rakyat.

28. Provinsi Sulawesi Selatan

Provinsi Sulawesi Selatan

Berdiri pada tanggal 13 Desember 1960 dengan dasar hukum UU No. 47 tahun 1960. Provinsi Sulawesi Selatan terletak di Pulau Sulawesi pada posisi 4 derajat – 6 derajat LS dan 119 derajat – 12 derajat BT. Luas provinsi Sulawesi Selatan 62.482,54 km persegi, dengan ibu kota Makassar.

Lambang Provinsi Sulawesi Selatan

Provonsi Sulawesi Selatan mempunyai lambang yang terdiri atas unsur-unsur bintang, padi dan kapas, benteng sombu opu, badik, gunung dan petak sawah, serta perahu pinisi. Bintang simbol kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa. Padi dan kapas melambangkan kemakmuran. Benteng sombu opu sebagai simbol kepahlawanan yang gagah berani. Badik merupakan senjata khas masyarakat Sulawesi Selatan. Gunung dan sawah merupakan pangkal menuju masyarakat Indonesi makmur sejahtera. Sedangkan perahu pinisi simbol jiwa bahari para pelaut Bugis yang terkenal.

29. Provinsi Maluku

Provinsi Maluku

Berdiri pada tanggal 1 Juli 1958 dengan dasar hukum UU No. 20 tahun 1958. Terletak di Kepulauan Maluku pada posisi 5 derajat LU – 9 derajat LS dan 122 derajat – 136 derajat BT. Luas provinsi Maluku 851.000 km persegi, dengan ibu kota Ambon.

Lambang Provinsi Maluku

Provinsi Maluku mempunyai lambang perisai bersudut tiga. Di dalamnya terlukis daun sagu dan daun kelapa, mutiara, pala dan cengkih, tombak, gunung, laut, dan perahu. Sagu merupakan sumber kehidupan dan makanan pokok daerah Maluku. Kelapa merupakan hasil bumi yang terdapat di Maluku. Mutiara merupakan hasil alam yang khas Maluku. Tombak simbol ksatria. Gunung merupakan simbol kekayaan hasil hutan yang melimpah. Sedanglan laut dan perahu merupakan simbol persatuan dan kesatuan yang abadi. Di dalamnya terdapat pula motto “Siwa Lima”, yang artinya milik bersama.

30. Provinsi Maluku Utara

Provinsi Maluku Utara

Berdiri pada tanggal 4 Oktober 1999 dengan dasar hukum UU No. 46/1999. Terletak di Kepulauan Maluku sebelah utara dengan posisi 3,90 derajat LU – 2,10 derajat LS, 123,15 derajat BB – 129,40 derajat BT. Luas provinsi Maluku Utara 53.836 km persegi, dengan ibu kota Sofifi.

Lambang Provinsi Maluku Utara

Maluku Utara mempunyai lambang berbentuk perisai segilima. Di dalamnya terdapat beberapa gambar di antaranya bintang, gunung, laut, padi dan kapas serta tulisan 1999 yang merupakan tahun berdirinya provinsi Maluku Utara. Bintang melambangkan Ketuhanan yang Maha Esa. Gunung sebagai simbol kekayaan hasil hutan yang melimpah. Laut merupakan lambang persatuan dan kesatuan. Padi dan kapas lambang kemakmuran.

31. Provinsi Papua

Provinsi Papua

Berdiri pada tahun 1999 berdasarkan UU No. 45 tahun 1999. Provinsi Papua dibentuk untuk memenuhi tuntutan rakyat setempat. Pertama, nama Irian diubah menjadi Papua. Kedua, ada yang setuju Irian dipecah menjadi 3 provinsi, tetapi ada yang menolak. Solusi yang terjadi sekarang adalah tidak sepenuhnya pemekaran Irian Jaya/Papua sebagaimana amanat UU No.45 tahun 1999 terpenuhi. Semula pembagian wilayah Irian Jaya/Papua dimekarkan menjadi 3 provinsi, yaitu Papua Barat, Papua Tengah, dan Papua Timur. Realisasi pemekarannya hanya ada 2 provinsi, yaotu Provinsi Papua dan Provinsi Irian Jaya Barat. Provinsi terbentang pada 0,5 derajat – 10 derajat LS dan 134 derajat – 141,60 derajat BT. Luas wilayah 307.775 km persegi. Beribu kota di Jayapura.

Lambang Provinsi Papua

32. Provinsi Papua Barat

Provinsi Papua Barat

Berdiri pada tahun 1999 berdasarkan UU No. 5 tahun 1999. Dahulu bernama Irian Jaya Barat. Wilayah provinsi Papua Barat terbentang pada posisi 0,15 derajat LU, 5,15 derajat LS, dan 130 derajat – 133 derajat BT. Luas wilayah Provinsi Papua Barat 116.571 km persegi. Beribu kota di Sorong.

Lambang Provinsi Papua Barat

33. Provinsi Sulawesi Barat

Provinsi Sulawesi Barat

Disahkan oleh pemerintah pada 16 Oktober 2004. Provinsi ini beribu kota di Mamasa dan terdiri atas lima kabupaten yaitu kabupaten Polewali Mandar, Majene, Mamasa, Mamuju, dan Mamuju Barat.

Lambang Provinsi Sulawesi Barat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s