Pembagian Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia [2]

9. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Undang-undang Pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung disahkan pada bulan November 2000, peresmian dan pelantikan Gubernur H. Hudami Rani pada bulan Februari 2001. Sebagai provinsi kepulauan, wilayahnya terdiri dari pulau-pulau. Yang terbesar adalah pulau Bangka dan Belitung serta 256 pulau kecil-kecil yang tersebar di sekeliling dua pulau besar tersebut. Luas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 95,1 km persegi dengan ibu kota Pangkal Pinang.

Lambang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

10. Provinsi Lampung

Provinsi Lampung

Berdiri pada tanggal 13 Februari 1964 dengan dasar hukum UU No. 14 tahun 1954. Terletak di Pulau Sumatra pada posisi 3 derajat – 6 derajat LS dan 103 derajat – 105 derajat BT. Luas Provinsi Lampung 35.376,84 km persegi, dengan ibu kota Bandar Lampung.

Lambang Provinsi Lampung

Provinsi Lampung mempunyai lambang berbentuk perisai bersegi lima. Di dalamnya terdapat lukisan padi dan lada, leduk dan payan, gong, siger, serta payung. Lukisan padi dan lada merupakan hasil bumi yang banyak terdapat di daerah Lampung. Laduk dan payan berupa golok serta tombak, yaitu senjata tradisional masyarakat Lampung. Gong merupakan simbol demokrasi. Siger lambang keagungan budaya. Payung merupakan tempat masyarakat berlindung. Lambang Provinsi Lampung bertuliskan “Sang Bumi Ruwai Jurai” yang berarti rumah tangga yang agung bagi dua golongan masyarakat (ruwai dan jurai) yang berdiam di masyarakat asli dan pendatang.

11. Provinsi Banten

Provinsi Banten

Wilayah Banten terbentang antara 5,75 derajat – 7,25 derajat LS dan 105 derajat – 160 derajat BT. Luas wilayah Provinsi Banten adalah 8.234,69 km persegi. Provinsi Banten beribu kota di Serang. Usulan pembentukan Provinsi Banten pernah dilakukan sekitar awal tahun 1970-an. Pada saat itu ada dua provinsi yang diajukan ke pemerintah, yaitu Bengkulu dan Banten, namun yang disetujui hanya Bengkulu, sedangkan usulan pembentukan Provinsi Banten tidak disetujui. Provinsi Banten merupakan sempalan dan pemekaran dari Provinsi Jawa Barat. Banten sendiri baik dari sejarah maupun sosiokultural berbeda dengan daerah Pasundan, maka tuntutan rakyat Banten untuk berdiri sendiri adalah hal yang wajar.

Lambang Provinsi Banten

12. Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Raya (DKI Jakarta)

Provinsi DKI Jakarta

Berdiri pada tanggal 10 Februari 1965 berdasarkan UU No.1/1961. DKI Jakarta terletak di Pulau Jawa dengan luas 661,62 km persegi. Daerah khusus Ibu Kota Jakarta berada pada posisi 6 derajat – 7 derajat LS dan 107 derajat – 108 derajat BT dengan ibu kota Jakarta. DKI Jakarta sebagai ibu kota berstatus khusus karena kebijaksanaan langsung pada presiden. Hal khusus lainnya provinsi ini tidak membahas daerah otonomi baik kabupaten maupun kota. Yang ada hanya hanya administratif.

Lambang Provinsi DKI Jakarta

DKI Jakarta mempunyai lambang perisai segilima. Di dalamnya terdapat tugu Monumen Nasional (monas) sebagai identitas utama kota Jakarta, padi dan kapas sebagai lambing pemenuhan sandang dan pangan, ombak laut yang melambangkan letak geografis kota pelabuhan, pintu gerbang yang menginginkan Jakarta sebagai awal masuk/pintu gerbang menuju Bangsa Indonesia.

13. Provinsi Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat

Berdiri pada tanggal 14 JULI 1950 dengan dasar hukum UU No. 11 tahun 1950. Provinsi Jawa Barat terletak di pulau Jawa dengan luas 44.176 km persegi. Provinsi Jawa Barat terletak pada posisi 6 derajat – 8 derajat LS dan 105 derajat – 108 derajat BT, dengan ibu kota Bandung.

Lambang Provinsi Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat mempunyai lambang perisai berbentuk bulat telur, di bawahnya bertuliskan “Gemah Ripah Repeh Rapih” artinya Jawa Barat yang kaya sejahtera dan damai. Di dalamnya terdapat kujang berlubang lima, padi dan kapas, gunung, sungai, sawah, serta kebun. Kujang adalah peralatan rumah tangga/senjata tradisional masyarakat Sunda. Lubang berjumlah lima merupakan kelima sila dalam Pancasila. Padi dan kapas melambangkan kemakmuran. Sedangkan gunung, sungai, sawah, dan perkebunan menunjukkan sumber alam Sunda yang kaya raya.

14. Provinsi Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah

Berdiri pada tanggal  4 Juli 1950 dengan dasar hukum UU No. 70 tahun 1950. Provinsi Jawa Tengah terletak di pulau Jawa dengan luas 33.171,88 km persegi. Provinsi Jawa Tengah terletak pada posisi 6 derajat – 8 derajat LS dan 108 derajat – 111 derajat BT dengan ibu kota Semarang.

Lambang Provinsi Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah mempunyai lambang berbentuk kundi amerta (cupu manik) dengan bentuk dasar segilima. Di dalamnya terdapat lukisan candi Borobudur, gunung kembar, laut dan gunung, bamboo runcing, bintang, padi dan kapas. Di bawahnya bertuliskan “Prasetya Ulah Sakti Bhakti Praja” (janji akan bekerja keras membangun bangsa dan negara). Kundi amerta dengan bentuk dasar segilima melambangkan Pancasila. Candi Borobudur merupakan identitas Jawa Tengah. Gunung kembar berarti persatuan antara rakyat dan pemerintah daerah. Laut dan gunung melambangkan hidup dan kehidupan. Bambu runcing simbol perjuangan kemerdekaan. Sedangkan bintang, padi, dan kapas melambangkan hari depan rakyat JawaTengah menuju masyarakat adil makmur berdasar pada Ketuhanan yang Maha Esa.

15. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Provinsi DI Yogyakarta

Berdiri pada tanggal 4 Maret 1950 dengan dasar hukum UU No. 3 tahun 1950. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta terletak di Pulau Jawa pada posisi 7 derajat – 8 derajat LS dan 110 derajat – 111 derajat BT. Istimewa untuk Yogyakarta karena gubernur yang dipilih dari Dinasti Kasultanan Yogyakarta dan wakil gubernur dari Pakualaman Yogyakarta. Hal ini dikarenakan sebelum RI Merdeka, wilayah tersebut menjadi kekuasaan kerajaan Kasultanan yang keberadaannya diakui oleh Belanda. Begitu Republik Indonesia diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945, Sri Sultan Hamengku Bowono IX selaku penguasa menyatakan bahwa Kasultanan Yogyakarta Hadiningrat merupakan bagian tidak terpisahkan dari Negara Kesatuan RI. Luas DI Yogyakarta adalah 3.142 km persegi, dengan ibu kota Yogyakarta.

Lambang Provinsi DI Yogyakarta

Provinsi DI Yogyakarta mempunyai lambang yang disebut golong-gilig. Golong adalah lambang yang berbentuk bulat, sedangkan gilig adalah lambang yang berbentuk silinder. Lambang tersebut terdiri atas lukisan bintang, padi, dan kapas, tugu bersayap, lingkaran merah mengelilingi lingkaran putih, ompak bertahtakan teratai. Lukisan bintang sebagai simbol Ketuhanan yang Maha Esa. Padi dan kapas simbol kesejahteraan. Tugu bersayap simbol perikemanusiaan, sayap bagian dalam berjumlah 9 (Hamengkubuwono IX) dan bagian luar 8 (Sri Paku Alam VIII) sebagai simbol kepemimpinan. Lingkaran merah putih sebagai simbol kebangsaan. Ompak dengan tatakan bunga teratai simbol kerakyatan.

16. Provinsi Jawa Timur

Provinsi Jawa Timur

Berdiri pada tanggal 4 Maret 1950 dengan dasar hukum UU No. 2 tahun 1950. Provinsi Jawa Timur terletak di Pulau Jawa pada posisi 7,12 derajat – 8,48 derajat LS dan 11 derajat – 114,4 derajat BT. Luas Provinsi Jawa Timur 47.921,98 km persegi dengan ibu kota Surabaya.

Lambang Provinsi Jawa Timur

Provinsi Jawa Timur mempunyai lambang berbentuk perisai dengan bentuk dasar segilima. Di dalamnya terdapat bintang, tugu pahlawan, gunung berapi, pintu gerbang candi, sawah lading, padi dan kapas, bunga, roda, dan rantai. Bintang merupakan lambang Ketuhanan yang Maha Esa. Tugu pahlawan melambangkan kepahlawanan rakyat Jawa Timur di perang kemerdekaan. Gunung berapi melambangkan semangat untuk meraih masyarakat yang adil dan makmur. Pintu gerbang candi melambangkan keagungan cita-cita perjuangan masa lampau dan sekarang. Sawah, ladang, sungai, padi dan kapas melambangkan simbol kemakmuran. Sedangkan roda dan rantai merupakan simbol spirit yang selalu membangun. Di bawah perisai terdapat tulisan “Jer Basuki Mawa Beya”, yang berarti keberhasilan membutuhkan kesungguhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s