Indonesia Negriku

image

Dok : google

A. Negara Kesatuan RI

Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945 oleh Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta di Jakarta. Yang kemudian menjadi pasangan presiden dan wakil presiden pertama RI dan populer dengan sebutan Dwi Tunggal.

Naskah proklamasi dirumuskan oleh Mr. Ahmad Subarjo dan Drs. Moh. Hatta. Konsep naskah proklamasi diketik oleh Sayuti Melik. Naskah proklamasi kemerdekaan RI dibacakan Ir. Soekarno dengan didampingi oleh Drs. Moh. Hatta di tempat kediaman Ir. Soekarno, Jl. Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta pada hari Jum’at tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.10.

B. Letak Indonesia

Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah pulau lebih dari 17.508 pulau. Indonesia terletak pada 6° LU – 11° LS dan 95° BB – 141° BT. Berada di daerah khatulistiwa. Luas wilayah Indonesia seluruhnya mencapai 5.193.252 km persegi. Jumlah penduduknya mencapai lebih dari 200 juta jiwa.

C. Bentuk Negara dan Sistem Penerintahan

Negara Indonesia berbentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan berfalsafah Pancasila yang mempunyai semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”, yang artinya “walaupun berbeda-beda suku, agama, bahasa, dan adat istiadat, namun tetap satu jua”.

Pemerintahan negara berdasarkan pada demokrasi Pancasila. Demokrasi berarti pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Demokrasi Pancasila artinya demokrasi berdasarkan musyawarah untuk mufakat.

Pemerintahan Indonesia diatur secara desentralisasi, dengan pembagian wilayah administrasi pemerintah yang terdiri dari 33 buah provinsi, lebih dari 273 kabupaten, 63 kota, 6 kota administrasi, 4.010 kecamatan, dan 65.295 desa. Pemerintahan desentralisasi mulai terasa ketika diberlakukan Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah pada 1 Januari 2001. Kewenangan daerah kabupaten/kota dalam mengatur otonomi daerahnya mulai memegang peranan yang sangat penting.

D. Atribut Negara

1. Bendera : Sang Saka Merah Putih.
2. Bahasa : Bahasa Indonesia.
3. Lagu Kebangsaan : Indonesia Raya.
– Diciptakan oleh W. R. Supratman.
– Dinyanyikan pertama kali pada Kongres Pemuda Indonesia II di Jakarta, tanggal 28 Oktober 1928.
4. Dasar Negara : Pancasila.
Teks Pancasila
1. Ketuhanan Yang Maha Esa.
2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab.
3. Persatuan Indonesia.
4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan.
5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
5. Lambang Negara : Garuda Pancasila.
– Jumlah bulu pada tiap sayap 17, pada ekor 8, di bawah perisai 19, di leher 45.
– Hal itu melambangkan tanggal Kemerdekaan Indonesia yaitu 17-8-1945.
– Pada leher burung tergantung sebuah perisai, dan dalam perisai itu terdapat gambar-gambar yang melambangkan Pancasila, yaitu : bintang (Ketuhanan Yang Maha Esa), rantai baja (Kemanusiaan yang adil dan beradab), pohon beringin (Persatuan Indonesia), kepala banteng (Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan), padi dan kapas (Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia).
– Garis melintang pada perisai yang digambar tebal melambangkan bahwa Indonesia dilalui garis khatulistiwa.
– Lambang negara RI Garuda Pancasila ditetapkan sebagai lambang negara dalam Peraturan Pemerintah No. 66 Tahun 1951 tanggal 17 Oktober 1951. Penggunannya diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 43 Tahun 1958.
– Kaki burung Garuda Pancasila mencengkeram sebuah pita yang melengkung ke atas. Pada pita itu ada tulisan “Bhinneka Tunggal Ika”, yang berasal dari buku Sutasoma karangan Empu Tantular.
– Bhinneka Tunggal Ika berarti “berbeda-beda tetapi tetap satu jua”. Maksudnya ialah bangsa Indonesia terdiri atas beragam suku, kesenian, bahasa, adat, dan agama, tetapi kita merupakan satu bangsa dengan satu kebudayaan nasional dan satu bahasa nasional.

E. Lembaga Tinggi Negara

1. Kepresidenan
Presiden dibantu oleh Wakil Presiden dalam menjalankan kewajibannya. Presiden dan Wakil Presiden dipilih langsung oleh rakyat.
2. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)
Seluruh anggota DPR dipilih langsung oleh rakyat melalui pemilu.
3. Badan Pemeriksa Keuangan
Seluruh anggota BPK dipilih oleh DPR dengan memperhatikan pertimbangn DPD dan diresmikan oleh presiden.
4. Mahkamah Agung (MA)
Mekuasaan tinggi peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan.

F. Perubahan Susunan MPR

Dengan Amandemen IV UUD ’45 hasil ST MPR 2002, jika semula MPR anggotanya terdiri dari anggota DPR dan Utusan Daerah dan Golongan, diubah anggotanya menjadi DPR dan DPD (Dewan Perwakilan Daerah), yang dipilih melalui pemilu.

G. Kepala Negara

Gelar kepala negara Indonesia ialah presiden. Presiden dibantu oleh wakil presiden dan para menteri yang duduk di kabinet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s